Cambridge Templeton Consortium

Networking People and Resources

Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Paling Mengguntungkan

graduation

Menjadi mahasiswa adalah kawah candradimuka bagi setiap insan yang berkesempatan untuk berkuliah. Menjadi mahasiswa juga bukan perkara yang mudah, terlebih bagi Anda yang merantau. Pasti membutuhkan uang lebih lantaran tidak ada yang memasakkan makanan bagi Anda seperti halnya di rumah. Menjadi mahasiswa juga pastinya memiliki segudang kegiatan, entah itu organisasi, seminar, atau pelatihan yang sering membutuhkan uang untuk berpartisipasi. Karena beberapa alasan di atas, kami pun menghimpun berbagai usaha sampingan bagi mahasiswa yang patut Anda coba. Selain tidak akan mengganggu jadwal kuliah Anda, bisa jadi Anda mendapatkan penghasilan dengan cepat. Berikut beberapa usaha sampingan bagi mahasiswa.

  1. Menjual pulsa

Ya, semua orang butuh pulsa. Makanya jika Anda ingin membuka usaha, salah satu yang paling tepat adalah menjual pulsa. Tak perlu modal besar. Jika Anda hanya mempunyai uang sebesar Rp 50 ribu, Anda pun bisa mencoba bisnis ini. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadk bukit. Jika Anda dapat melakukan bisnis ini dengan baik dan lancar, maka bukan tak mungkin Anda akan mendapatkan penghasilan secara cepat.

  1. Jasa les

Mendaftarkan diri sebagai pengajar les adalah hal yang bagus bagi Anda, terlebih bila Anda memiliki keahlian dalam mata pelajaran tertentu. Jika begitu, mengajari seseorang bukan menjadi hambatan bagi Anda. Menjadi pengajar les juga dapat Anda sesuaikan hari dan jamnya sehingga tidak mengganggu jadwal kuliah Anda. Tentu, apabila Anda masuk ke bisnis ini, Anda akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar untuk keperluan Anda kuliah.

  1. Jasa Foto dan Video

Bagi Anda yang berkuliah di Fakultas Ilmu Komunikasi jurusan Jurnalistik, hampir bisa dipastikan Anda memiliki kamera untuk kebutuhan tugas. Jangan biarkan kamera tersebut Anda gunakan untuk sekadar nilai. Banyak peluang bisnis dengan kamera DSLR Anda tersebut, salah satu yang banyak diminati masyarakat adalah jasa foto dan video. Anda dapat menawari teman-teman apabila ada saudara mereka yang menikaj, bolehlah memakao jasa Anda sebagai fotografer dan videografer. Untuk sekali proyek, Anda akan menghasilkan lebih dari dua juta rupiah. Wow! Sungguh lumayan bukan!

  1. Jasa Mengetik dan Print

Apabila Anda memiliki printer di kamar kos, jangan gunakan untuk keperluan pribadi saja, gunakalan untuk menghasilkan uang. Banyak sekali tugas mahasiswa berupa paper atau makalah. Anda pun dapat memanfaatkan kesempatan emas ini. Pastinya Anda akan mendapatkan untung yang besar bila Anda bisa mengelola keuangan dengan baik.

  1. Asisten dosen

Anda memiliki kelebihan pada mata kuliah tertentu, daftalah di departemen Anda sebagai asisten dosen. Banyak sekali keuntungan bila Anda tertarik untuk menjadi asdos (asisten dose) di antaranya Anda dapat mereview ulang pelajaran yang telah Anda dapa tenar di mata adik tingkat dan dosen, serta mendapatkan penghasilan tambahan. Jangan remehkan pekerjaan ini lho, karena dalam satu semester Anda bisa mendapatkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

  1. Jurnalis Lepas

Pekerjaan sampingan ini sangat cocok bagi Anda yang hobi menulis dan mengeksplorasi hal-hal baru. Banyak media di sekitar kampus Anda yang membutuhkan jasa Anda untuk mengisi rubrik-rubrik tertentu, entah sebagai jurnalis lepas yang yang dibayar per tulisan, atau jika Anda memiliki etos kerja bagus, dapat diangkat menjadi wartawan tetap. Tentu dengan jam kerja yang tidak akan menyita waktu Anda mengingat status Anda yang masih menjadi mahasiswa.

  1. Jasa Penerjemah

Anda mahir dalam suatu bahasa tertentu, misal Inggris atau Mandarin, cobalah untuk mempromosikan diri Anda sebagai penerjemah. Jangan sepelekan hal ini lho, menjadi penerjemah akan menghasilkan uang yang tidak sediki. Customer yang dapat Anda dapati juga dapat berasal dari berbagai jurusan di kampus Anda. Pekerjaan ini juga akan menambah kefasihan Anda dalam berbahasa asing, juga mendapat teman yang berasal dari jurusan-jurusan lain.

  1. Pramusaji restoran

Anda dapat memaksimalkan waklu lowong Anda di malam hari dengan bekerja sebagai pramusaji di berbagai restoran dan kafe di sekitar kampus Anda. Ya, tak perlu jauh jauh, cukup di sekitar kampus Anda sehingga dapat menghemat ongkos perjalanan. Bukan tak mungkin, upah dari bekerja paruh waktu ini dapat membayar uang kuliah Anda.

  1. Pramusaji restoran

Melakukan investasi online jangka pendek seperti bermain pada binary option. Karena selain modal kecil, anda tidak akan mengalami rugi yang sangat besar. Selengkapnya

Itulah beberapa usaha sampingan yang patut Anda coba sebagai mahasiswa. Beberapa pekerjaan di atas juga tak menyita waktu banyak, sehingga Anda akan tetap kuliah dengan lancar, tentu dengan penghasilan yang Anda dapat dari jeri payah Anda sendiri.